Langsung ke konten utama
NoPBN.com

Pengiat Anti Korupsi Probolinggo Desak KPK Tetapkan Tersangka Baru Kasus Seleksi Jabatan dan TPPU

Probolinggo - Pengiat Anti Korupsi Probolinggo, mendesak KPK untuk segera menetapkan tersangka baru dalam kasus jual beli jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Selasa (8/2/2022).

Hingga saat ini, petugas KPK terus memeriksa saksi - saksi baik dari ASN, Non ASN dan swasta, dalam kasus jual beli jabatan seleksi jabatan dilingkungan Pemerintah Kota Probolinggo, dilakukan tersangka Puput Tantriana Sari (Bupati Probolinggo) dan suaminya Hasan Aminudin.

Pemeriksaan ratusan saksi - saksi dilakukan penyidik KPK di Mapolres Probolinggo Kota maupun di kantor KPK RI Jakarta, baik kasus jual beli seleksi jabatan dilingkungan Pemkab dan TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang).

Untuk kasus jual beli jabatan Pj Kades, kini sudah disidangkan di Pengadilan Tipikor Surabaya, dan 17 ASN pemberi suap ke Bupati Probolinggo dan Hasan Aminudin, oleh hakim divonis hukuman 1 tahun 3 bulan penjara.

17 ASN dinyatakan terbukti bersalah dan melakukan tindak pidana korupsi, dengan dikenakan Pasal 5 Ayat 1 Huruf A UU Nomor 20/2001, tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 Ayat 1 ke 1 KHUP.

Namun untuk kasus jual beli jabatan seleksi dilingkungan Pemkab Probolinggo, pihak KPK belum merilis tersangka baru pemberi suap untuk diberi jabatan strategis ke Bupati Probolinggo dan Hasan Aminudin.

Dan juga belum ada penyitaan aset milik tersangka Bupati Probolinggo (Puput Tantriana Sari) dan Hasan Aminudin.

Pengiat Anti Korupsi Probolinggo Desak KPK

Syamsudin, ketua pegiat anti korupsi Probolinggo, berharap lembaga anti rasuah, menetapkan tersangka baru yang sudah cukup alat bukti dan disebut - sebut dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, kemarin, dalam kasus jual beli seleksi jabatan di lingkungan Pemkab Probolinggo, yang dilakukan tersangka PTS dan H.

"Kami berharap pihak penyidik KPK segera menetapkan tersangka baru dalam kasus ke 2, yakni kasus jual beli seleksi jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo, dan dugaan penyuapnya para Kadis, Kabag yang ingin menduduki jabatan strategis ke Bupati Probolinggo dan suaminya Hasan Aminudin" ujar Syamsudin, saat dikonfirmasi.

Selain itu, pihak KPK segera melakukan penyitaan aset - aset, agar barang yang dimiliki para tersangka, segera disita agar barang bukti tidak hilang

"Kami juga mendesak pihak KPK, untuk melakukan penyitaan aset - aset kekayaan milik Bupati Probolinggo dan suaminya, yang berkuasa hampir 20 tahun, karena takut barang bukti dihilangkan" tegas Syamsudin.

KPK Kembali Periksa 16 Saksi Kasus Seleksi Jabatan dan TPPU

Perlu diketahui, hari ini penyidik KPK, kembali melakukan pemeriksaan 16 orang saksi di ruang Rupatama Mapolres Probolinggo Kota.

Pemeriksaan di mapolresta dimulai Selasa sekitar pukul 10.00. Ada 16 saksi yang diperiksa KPK, mulai Kepala Bappeda, camat, hingga guru. Pemeriksaan dilakukan tertutup di salah satu ruangan di Mapolresta Probolinggo. Ke-16 orang yang diperiksa KPK:

  • Santiono, Kepala Bapeda Kabupaten Probolinggo
  • Endang Setyowati, PNS Pemkab Probolinggo
  • Achmad Arifin, PNS Pemkab Probolinggo
  • Mukmina, PNS Pemkab Probolinggo
  • Siti Mariam, PNS Pemkab Probolinggo
  • Anton Riswanto, Pegawai honorer Dinas Pendidikan Kab. Probolinggo
  • Nurul Yaqin, PNS Pemkab Probolinggo
  • Arif E. Rakhmatullah, PNS Dinas Pendidikan
  • Edi Karyawan, PNS Pemkab Probolinggo
  • Bambang Singgih Hartadi, PNS Pemkab Probolinggo
  • Novita Dwi Setyorini, PNS Pemkab Probolinggo
  • Mahmud, PNS Pemkab Probolinggo
  • Puja Kurniawan, PNS Pemkab Probolinggo
  • Zaenab, PNS Pemkab Probolinggo
  • Mudjito, Camat Maron
  • Syamsul Hadi, PNS Pemkab Probolinggo

Sementara, salah satu pegiat anti korupsi Probolinggo, Syamsudin berharap, KPK segera menetapkan tersangka kepada oknum-oknum yang terlibat.

Termasuk mereka yang nama-namanya disebut terlibat dalam persidangan, atau yang memenuhi unsur dan dua alat bukti.

"Selain berharap segera ada tersangka baru, kami juga berharap KPK untuk segera melakukan penyitaan-penyitaan dalam kasus ini," ujarnya.

Diketahui, Tantri dan suaminya, Hasan sedang menjalani sidang yang digelar secara online di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Surabaya terkait kassus jual beli jabatan. (*)

Berita Pupuler

Mantan Kepala Desa Binor dan 27 Saksi Kasus Tindak Pidana Korupsi Hasan-Tantri Diperiksa KPK, LIRA Minta Cepat Ada Tersangka Baru Dan Sita Aset

Probolinggo - Buru untuk menetapkan tersangka baru dan melengkapi berkas BAP (Berkas Acara Pemeriksaan), penyidik KPK setiap hari melakukan pemeriksaan sejumlah saksi - saksi kasus jual beli seleksi jabatan di lingkungan Pemkab Probolinggo. Rabu (9/2/2022). Petugas penyidik KPK melakukan pemeriksaan sejak Rabu pagi ini di lantai 2 ruang Rupatama Mapolres Probolinggo Kota, pemeriksaan diantaranya saksi TPK (Tindak Pidana Korupsi) terkait seleksi jabatan dilingkungan pemerintah Kabupaten Probolinggo tahun 2021 dan TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang) sebagai berikut: Sugeng Wiyanto PNS Pemkab Probolinggo Mohammad Natsir PNS Pemkab Probolinggo Bambang Suprayitno PNS Pemkab Probolinggo Dwijoko Nurjayadi PNS Pemkab Probolinggo Edi Lianto PNS Pemkab Probolinggo Bibit PNS Pemkab Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto PNS Pemkab Probolinggo Arif Yudi Purwanto PNS Pemkab Probolinggo Mahbub Zunaidi PNS Pemkab Probolinggo Rury Priyanti RIYANTI PNS Pemkab Probolinggo Sjaifuddin Zuhri PNS Pemkab Prob
Mantan Kepala Desa Binor dan 27 Saksi Kasus Tindak Pidana Korupsi Hasan-Tantri Diperiksa KPK, LIRA Minta Cepat Ada Tersangka Baru Dan Sita Aset

Rapat Pleno TMMD Reg 113 Kodim 0723 Klaten

Rapat Pleno TMMD Reg 113 Kodim 0723 Klaten   Klaten – Dalam rangka memaksimalkan pelaksanaan TMMD Reg 113 Tahun 2022 Desa Nanggulan Kec Cawas Kab Klaten wilayah Kodim 0723/Klaten menggelar acara Rapat Pleno di Aula Makodim 0723/Klaten Jl. Pemuda No 08 Klaten. (29/03/2022).   Kegiatan rapat pleno di buka langsung oleh Komandan Kodim 0723/Klaten Letkol Inf Joni Eko Prasetyo,S.I.P yang di gelar di Aula Makodim 0723/Klaten.   Dalam sambutannya Dandim meminta seluruh OPD dan unsur terkait dapat mendukung kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 113 Tahun 2022 yang akan dilaksanakan di Desa Nanggulan Kec Cawas Kab Klaten.   Menurut Dandim keberhasilan dari TMMD tersebut tidak hanya dari unsur TNI, namun juga sinergitas pentahelik dari TNI, Polri, dan Pemerintah Kabupaten Klaten beserta unsur yang terkait.   "kami mohon doa restu dan dukungan untuk kegiatan TMMD Reg 113, mulai dari kegiatan fisik maupun nono fisiknya, agar
Rapat Pleno TMMD Reg 113 Kodim 0723 Klaten

20.000 Pedagang Terima Bantuan Tunai Lewat Kodim Klaten

Klaten - Kodim 0723 Klaten menyalurkan Bantuan Tunai kepada pedagang kaki lima, warung dan nelayan yang dilaksanakan di Gedung Sunan Pandanaran (RSPD) Klaten. (08/05/22)   Kegiatan penyaluran bantuan tunai tersebut dilakukan secara simbolis oleh Letkol Inf Joni Eko Prasetyo,S.I.P. Dandim 0723 Klaten dan Hj Sri Mulyani, S.M. Bupati Klaten bersama dengan Forkopimda Klaten.   Dalam sambutannya Dandim menyampaikan bahwa, TNI melalui Kodim Klaten dipercaya oleh Pemerintah untuk menyalurkan bantuan tunai kepada pedagang kaki lima, warung dan nelayan.   Pedagang yang  menerima bantuan tunai sejumlah 20.000 orang masing masing mendapatkan uang sebesar Rp. 600.000,-.   " Pedagang yang mendapatkan bantuan didata langsung oleh Babinsa , kemudian diverifikasi oleh petugas melalui aplikasi, setelah lolos baru dinyatakan mendapat dan pencairan bantuan, " ungkap Dandim.   Letkol Inf Joni Eko menambahkan bahwa pedagang yang mendapat bantuan adalah yang belum pernah mendapatkan bantuan UMKM d
20.000 Pedagang Terima Bantuan Tunai Lewat Kodim Klaten

Babinsa Wonosari Monitoring Penyaluran BLT Dana Desa

Babinsa Wonosari Monitoring Penyaluran BLT Dana Desa Klaten - Sertu Wariso Babinsa Desa Boto Koramil 22 Wonosari Kodim 0723 Klaten melaksanakan monitoring dan pengamanan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa Tahap l, Il & lll di Aula Kantor Desa Boto Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten, (7/4/2022)   Turut hadir Penyaluran BLT Dana Desa Tahap l, ll,lll diantaranya Camat Wonosari Muhamad Nurrosyid Sip, Kades Desa Boto Sri rejeki, Pendanping dari Kecamatan Wonosari Widodo.   Sertu Wariso menyampaikan bahwa dalam kegiatan penyaluran BLT Dana Desa tersebut tetap di terapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, seperti wajib menggunakan masker, jaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun di tempat yang telah disediakan.   " Kehadirannya dalam penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tahap l, ll dan lll Dana Desa Boto tahun 2022 tersebut adalah untuk ikut serta mengawasi dan mendampingi penyaluran bantuan kepada masy
Babinsa Wonosari Monitoring Penyaluran BLT Dana Desa

TingkatkanUmkm Diwilayah Binaan, Babinsa Wonosari Anjangsana Ke Pengusaha Arang

    Klaten - Serda Sifin S.R Babinsa Desa Jelobo Koramil 22 Wonosari Kodim 0723 Klaten melaksanakan anjangsana ke tempat Aceng yang merupakan pengusaha Arang briket di Desa Jelobo Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten, (27/4/2022)   Serda Sifin Selaku Babinsa Desa Jelobo menjelaskan bahwa Arang Briket atau biasa disebut Charcoal Briquette adalah salah satu jenis arang yang dibuat dengan menggunakan bahan baku kayu atau arang batok yang di hancur kan menjadi powder lalu di cetak menjadi briket.   Dalam Kesempatan tersebut juga Binsa memberikan Motivasi pelaku usaha UMKM agar selalu optimis dalam memajukan usaha   "Dengan adanya usaha ini dapat meningkatkan perekonomian diwilayah Jelobo dan mengurangi angka pengangguran," Tutur Babinsa.   Aceng Selaku Pengusaha Briket Arang menyampaikan ucapan terimakasih kepada Babinsa Wonosari yang telah berkenan datang ditempat usaha arang. (Red)  
TingkatkanUmkm Diwilayah Binaan, Babinsa Wonosari Anjangsana Ke Pengusaha Arang

Kompak dan Semangat , Babinsa Koramil Wedi Dan Warga laksanakan Karya Bhakti Pembangunan Masjid.

Kompak dan Semangat , Babinsa Koramil Wedi Dan Warga laksanakan Karya Bhakti Pembangunan Masjid. Klaten  - Peduli terhadap tempat ibadah yang ada di wilayah binaannya,Serka Sirot Judin Babinsa Koramil 07/Wedi Kodim 0723/Klaten melaksanakan kerja bakti bersama warga dalam pembangunan Masjid, yang berada di Dukuh Jlumbang Rt 03/Rw 02 Desa Kadibolo Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten. (21/03/2022).   Selalu hadir di tengah-tengah masyarakat,untuk memberikan contoh dan teladan yang baik dalam berbagai kegiatan di wilayah. Karya bakti bersama dengan masyarakat, merupakan implementasi dari salah satu metode dalam pembinaan teritorial yang harus dilaksanakan sepanjang waktu.   Kehadiran TNI dalam Karya Bakti ini adalah bagian dari bentuk kepedulian terhadap pembangunan tempat ibadah,Tentu kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai bagian dari ibadah.Kami juga tidak bosan bosannya untuk mengingatkan warga agar tidak lengah dan tetap disiplin protokol kesehatan.
Kompak dan Semangat , Babinsa Koramil Wedi Dan Warga laksanakan Karya Bhakti Pembangunan Masjid.

Anggota Koramil Jogonalan Dampingi Vaksinasi Covid-19 Mobile Kodim 0723/Klaten

Anggota Koramil Jogonalan Dampingi Vaksinasi Covid-19 Mobile Kodim 0723/Klaten   Klaten - Dalam rangka mendukung program pemerintah guna memutus penyebaran Covid-19, Sebanyak 8 orang anggota Koramil 02/Jogonalan Kodim 0723/Klaten di pimpin Danramil 02/Jogonalan Kapten Inf Sunarta melaksanakan pendampingan Vaksinasi Covid-19 Mobile Kodim 0723/ Klaten dengan menyisir warga yang belum Vaksin Dosis 1 dan 2 di Pasar Kraguman dan di halaman Masjid Nurul Islam Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten. (6/4/2022)   Danramil 02/Jogonalan Kapten Inf Sunarta, mengatakan bahwa serbuan vaksinasi mobile di tempat ramai itu dilaksanakan menjelang buka puasa dan usai sholat tarawih.   "Serbuan Vaksinasi menyasar pengunjung serta pedagang di pasar dan jamaah masjid. Warga tidak perlu jauh-jauh ke Klinik atau Puskesmas."Jelas Danramil.   Bersama Tenaga Medis dari Kodim 0723/ Klaten, petugas menyediakan jenis vaksin berupa vaksin Covovac untuk Dosis 1 d
Anggota Koramil Jogonalan Dampingi Vaksinasi Covid-19 Mobile Kodim 0723/Klaten

Vaksinasi Mobile Strategi Kodim 0723/Klaten Dalam Program Percepatan Kekebalan Tubuh

Vaksinasi Mobile Strategi Kodim 0723/Klaten Dalam Program Percepatan Kekebalan Tubuh   Klaten I Vaksinasi Mobile merupakan program percepatan vaksinasi yang dilakukan Kodim 0723/Klaten yang menyasar warga saat bulan Ramadhan.   Kali ini vaksinasi Mobile Kodim 0723/Klaten mendatangi Pasar Kraguman Desa Kraguman dan di Masjid Nurul Islam Desa Prawatan   Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten, Rabu (06/04/2022) untuk menyukseskan program percepatan vaksinasi.   Dandim 0723/Klaten Letkol Inf Joni Eko Prasetyo, S.I.P di wakili Kepala staf Kodim Mayor CZi Paulus Caesario S P mengatakan dalam rangka mendukung program percepatan vaksinasi berdasarkan perintah Komando atas untuk melaksanakan vaksinasi mobile kepada masyarakat untuk mencapai target vaksinasi.   "Pada kesempatan sore ini kami datang ke Pasar Kraguman untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi, dimana kegiatan Serbuan Vaksinasi ini sesuai dengan perintah Komando atas di mana kegiatan serbuan
Vaksinasi Mobile Strategi Kodim 0723/Klaten Dalam Program Percepatan Kekebalan Tubuh

Danramil Jatinom Bersama Muspika Dampingi Wakapolres Klaten Tarling

Danramil Jatinom Bersama Muspika Dampingi Wakapolres Klaten Tarling   Klaten - bertempat di Masjid Al Akbar Dk. Kwaon Desa Jemawan Kec. Jatinom Kab. Klaten, Babinsa Jemawan Koramiil 05 Jatinom sertu Slamet mendampingi Tarwih keliling Wakapolres Klaten bersama Muspika. (7/04/2022)   Hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolres Klaten Kompol Sumiyarta, Camat Jatinom Dra. Wahyuni Sri Rahayu, M.Si, Danramil Jatinom Kapten Inf Dalimin, Kapolsek Jatinom Iptu Nahrowi, S.H, M.M, Kades Jemawan Joko Purnomo, Ketua Takmir Masjid Al Akbar Mustofa.   Sertu Selamet menyampaikan bahwa selain solat tarawih keliling yang di selenggarakan di masjid Al Akbar juga diadakan santunan untuk anak yatim serta melakukan vaksin booster untuk warga di jemawan dan sekitar. (Red)
Danramil Jatinom Bersama Muspika Dampingi Wakapolres Klaten Tarling

Tiga Hari Gelar Vaksinasi Booster, Kodim Klaten Capai Hampir 5000 Peserta

Tiga Hari Gelar Vaksinasi Booster, Kodim Klaten Capai Hampir 5000 Peserta   Klaten - Serbuan Vaksinasi Dosis Lanjutan (Boster) Covid-19 Kodim 0733/Klaten hari ke 3 di Gedung Al Hakim Jln Tentara Pelajar Kelurahan Gayamprit Kecamatan Klaten Selatan Kabupaten Klaten dengan tema Wujudkan Masyarakat Yang sehat dan Produktif Dengan Vaksinasi Covid-19. Rabu (23/02/22)   Kegiatan Vaksinasi tersebut selaku sebagai penanggung jawab Letkol Inf Joni Eko Prasetyo, S.I.P Komandan Kodim 0723/Klaten dan  dr. Fadilah Azharo dari Klinik Pratama Kartika 23 Klaten dengan jumlah peserta hari ini Rabu (23/02) sekitar  1.441orang.   Letkol Inf Joni Eko Prasetyo, S.I.P saat meninjau pelaksanaan Vaksinasi mengungkapkan bahwa, peran serta seluruh unsur yang ada di Kodim, Koramil dan Pejabat Desa sangat menentukan keberhasilan vaksinasi Booster, terutama kiprah Babinsa yang mengajak warganya untuk ikut Vaksin.   "saya sangat menapresiasi kinerja Babinsa dalam mengga
Tiga Hari Gelar Vaksinasi Booster, Kodim Klaten Capai Hampir 5000 Peserta
NoPBN.com

Publisher Network

Publisher Network
Publisher Network

Informasi

Connect With Us

Copyright @ 2022 All right reserved